Cara Membuat Komentar Di Java

Posted on
  • by
  • in
  • Label: ,
  • Cara Membuat Komentar Di Java | UIM - TEKNIK INFORMATIKA 
    Pada bahasa pemrograman  manapun  komentar  program  biasa digunakan  untuk memberikan penjelasan baris atau blok program  suapaya pembaca program  atau programer  lainnya supaya bisa mengerti bagian-bagian program tersebut. Ada 3 (tiga) cara memberikan komentar program pada Java, yaitu:


    1. End Of Line Comment ( // )
      Komentar  dengan tanda slash ganda ( // ) disebut dengan end-of-line comment,  karena semua perintah program, komentar-komentar atau penjelasan program berada setelah tanda slash ganda, semua dianggap sebagai komentar dan komentar hanya satu baris saja. Sebagai contoh:
      End of Line Comment
      End of Line Comment
    2. Multiple Line Comment ( /* */)
      Komentar  dengan tanda slash  dan asterik ( / *  */) disebut  dengan Multiple-Line Comment, karena ini, perintah program, komentar-komentar  atau penjelasan program  berada dalam apitan tanda slash dan asterik, semua dianggap sebagai komentar,  dan komentar  bisa lebih dari satu baris. Sebagai contoh :
      Multiple Line Comment
      Multiple Line Comment
    3. Javadoc Comment ( /**   */)
      Komentar  dengan tanda slash  ganda didepan  dan asterik ( /**   */)  disebut  dengan Javadoc Comment.  Penggunaannya sama seperti  Multiple  Line Comment,  akan tetapi penggunaannya untuk dokumentasi-dokumentasi didalam program. Sebagai contoh :
      Semua komentar program atau penjelasan program  pada saat program  java dicompile tidak ikut serta dicompile, karena tidak dianggap sebagai suatu baris program.
      Contoh Comment dalam Program
      Contoh Comment dalam Program
    Berikut hasil dari program Lat210.java diatas. Maka terlihat komentar atau penjelasan program tidak tampak pada hasil running program.
    Comment tidak ditampikan pada jendela output
    Comment tidak ditampikan pada jendela output
       

    1 komentar:

    TEKNIK INFORMATIKA UIM mengatakan...

    silahkan dicoba terlebih dahulu

    Posting Komentar